Sabtu, 30 Maret 2013

My First HootUp as Hootsuite Campus Ambassador

Dear all fellow Hootsuite Campus Ambassador,

First of all, i'm so sorry about the late posting on my blog,
Few days ago, i have been successful to held my first #HootUp, together with all members of HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia); an organization for young entrepreneur in Indonesia. And it was so exciting, because most of them haven't known yet about Hootsuite. So, it is my challenge as a Hootsuite Campus Ambassador  to spread and indroduce Hootsuite as social media dashbord which can streamline their values and times.Furthermore, some of them haven't known yet about any social media tools. So, they asked me to hold the second #HootUp as soon as possible.




parikesit hootsuite campus ambassador


At that time, actually i've planned to invite Ms. Stephanie to had a live streaming, talked about Hootsuite to the audience.But, unfortunately, it could't be happen because of bad internet connection. And i'm so sorry to wake up Ms Stephanie for the inconvenience.

So, here it is, my first post about my activity as Hootsuite Campus Ambassador. I can't wait and so exciting about my plan to held the next #HootUp.
Will coming up with more exciting story, stay tune...

Parikesit
Viral Social Media


Kamis, 28 Maret 2013

Hard Selling Tidak Selalu Haram

Dari kemarin-kemarin bahasan nya tentang soft selling terus dan mengatakan bahwa hard selling itu haram. hehehe itu cuma istilah saya aja. lalu apakah hard selling benar-benar haram? oiya yang belum baca post sebelum nya bisa meluncur ->
Rahasia Soft Selling Bag 1
Rahasia Soft Selling Bag 2

Belajar dari Pak Tung Desem Waringin (salah satu idola saya) bahwa ada 2 aliran promosi. aliran pertama yaitu aliran promosi yang Mengingatkan. Yang kedua aliran promosi yang Menawarkan. nah kalau dari 2 aliran tadi bisa kita tarik soft selling termasuk aliran promosi yang mengingatkan kalau hard selling termasuk aliran promosi menawarkan.

Kalau contoh dari soft selling sudah kita bahas bersama di post sebelumnya. Hard selling yang saya maksud di sini bukan yang posting atau men-tweet tentang produk kita plus mention sana sini secara membabi buta.akan tetapi lebih ke promo yang terbatas waktu. nah kalau promo yang terbatas waktu perlu sekali untuk diinformasikan secara gencar ke costumer. karena ada benefit yang bisa didapat dan sayang kalau dilewatkan jadi tentu harus gencar info nya. nah kalau dalam kasus ini boleh lah memakai cara ala hard selling asal tidak sampai spamming. ingat di scosial media jika kita terlalu sering posting atau tweet maka follower akan merasa terganggu. tetap dalam porsi yang pas.

jadi apakah hard selling haram? haram jika berkonsep "buy it or die". hukum nya jadi boleh mendekati wajib jika untuk promo terbatas waktu yang mana ada benefit untuk costumer. lalu manakah yang terbaik, pakai soft selling atau hard selling. jawaban nya adalah perpaduan kedua nya.

Senin, 25 Maret 2013

Trik Paling Rahasia Dari Soft Selling Bag 2

masih tentang Soft Selling nih. Di Posting sebelumnya saya memaparkan contoh dari soft selling ala akun-akun twitter salah satunya dari akun @motivatweet. yang belum baca bisa simak -> Soft Selling Bag 1. nah di post kali ini saya akan memberi contoh soft selling dari beberapa akun Facebook besar di Indonesia. yang pertama adalah Oreo, untuk Fanpage nya bisa dilihat di sini

Yang unik dari Oreo adalah mereka sering update foto-foto karakter lucu yang terbuat dari cookie oreo itu sendiri. saya beri contoh foto-foto nya berikut 

Jumat, 22 Maret 2013

Trik Paling Rahasia Dari Soft Selling Bag 1

Di posting sebelum nya saya sudah menyinggung sedikit tentang Soft Selling. baca ->
Soft Selling, Buatlah 'Marah' Orang Yang Sedang Lapar.
kalau Anda masih menganut paham Hard Selling maka segera lah bertaubat. Namun pasti nya muncul pertanyaan bagaimana sih cara soft selling itu. Bisnis atau produk satu dengan yang lain tentu berbeda-beda teknik nya. pembahasan ini memang agak susah dijelaskan namun di beberapa posting ke depan saya akan memberi beberapa contoh dari soft selling sehingga kita bisa punya gambaran serta menarik benang merah dari setiap contoh.

Contoh kali ini saya ambil dari akun @motivatweet saat soft selling menjual Pre Order buku 'Kitab Anti Bangkrut' nya Pak Jaya Setiabudi (@jayaYEA). Kita simak dulu ya isi tweet nya.

Rabu, 20 Maret 2013

Butterfly Act. Tempat Ngaji nya Anak-Anak gaul

Seharian ini (masih) muter-muter di Bandung. tentunya untuk icip-icip kuliner, hehehe. tadi nyobain aneka pasta di @fusshionbistro ada cheese cream pasta, oglio olio, pizza tuna dan chicken wings yg pakai saus enak banget. setelah habis disuruh nyicipi menu baru namanya Pasta Cofee bean Sauce. pasta dengan saus kopi. gimana rasanya coba? tapi enak dan unik baru nemu di bandung ini, orang-orang bandung aja belum pada tahu malahan tapi orang solo udah nyuri start untuk icip-icip.

Dari Fusshion Bistro lanjut jalan-jalan ke Paris Van Java. ini mall super keren plus sukses bikin kaki pegel-pegel. sebelum pulang mampir deh kami di Recheese factory. pesan Wings Fire nya yang level 2 dan sukses membuat teman saya nangis-nangis kepedasan. dari tempat dan makanan okelah.

Dari recheese rich inilah yang seru. saya diajak temen untuk ikut pengajian. dan anehnya saya tidak diajak ke masjid tapi di ajak ke Kedai Persib yaitu sebuah tempat makan. ternyata di tempat itu ada ruangan rooftop nya dengan dinding-dinding kaca dan kita bisa lihat view kota bandung dari atas. keren banget. di situ lah tempat pengajian nya.

Selasa, 19 Maret 2013

Soft Selling, Buatlah 'Marah' Orang Yang Sedang Lapar.

Dunia social media menjadi salah satu primadona untuk tool promosi. Selain low budget high impact juga real time sehingga kita bisa mendapatkan feedback secara langsung dan berkomunikasi dua arah. Namun masih banyak terjadi kekeliruan para pengguna social media khususnya FB dan Twitter dalam rangka berpromosi produk mereka di sana. Saya sendiri adalah penganut aliran Soft Selling. Anti dengan yang namanya hard selling di social media.

Bagaimana sih hard selling itu? berikut contoh nya saya ambil salah satu tweet dari seorang follower.


Intinya mereka terang-terangan menawarkan produk mereka tanpa melakukan pendekatan-pendekatan terlebih dahulu. ya seperti misalkan kita di sebuah bus kemudian ada orang duduk di sebelah kita tanpa basa basi langsung bilang,"mas/mbak saya punya barang ini, mau beli gak?" dan parahnya mereka di twitter mention membabi-buta kesana kemari dengan tweet yang sama. Annoying banget dan bisa dicap sebagai Spammer.